Situasi pandemi yang penuh ketakutan dan kekwatiran memaksa kita untuk berpikir jauh lebih keras dari situasi sebelumnya. Tantangan yang muncul jauh lebih berat dan beranekaragam. Siapa yg menyangka sebelumnya bahwa kehidupan kita akan seperti ini… Jawabannya tidak ada.. maka jangan heran yang muncul ada “KEPANIKAN” DAN KETIDAKPASTIAN DALAM SEGALA HASIL.

Dunia pendidikan pun merasakan imbasnya.. ada dua pilihan berat yang ditawarkan yakni proses pembelajaran berhenti total atau tetap berjalan dengan segala konsekuensi dan kekurangan. Dan yg dipilih adalah tetap jalan.

Adanya kesadaran atas pilihan dimana proses pembelajaran tetap berjalan namun penuh resiko dan tantangan secara nyata memaksa setiap pemangku kebijakan dan pelaksana kebijakan berpikir jauh untuk meminimalisir resiko dan tantangan itu dengan cara pembiasaan metode belajar baru serta inovasi-inovasi dalam pembelajaran.

Smpyppksantodonbosco Fakfak dibawah pimpinan Mr. Manfred Harbelubun,S.Pd menyambut tantangan ini dengan cara berinovasi dalam penyediaan media pembelajaran baru dengan memaksimalkan penggunaan lab dan Tenaga alumni yg mau berbagi…Maka salah satu kendala utama dalam proses pembelajaran jarak jauh yakni ketidak tersediaan paket data mulai terpecahkan dengan hadirnya pembelajaran lewat aplikasi moodle .

Kini sistm ini sudah mulai digunakan hampir satu bulan di sekolah Smpyppksantodonbosco Fakfak.Tentu jaringan ini masih sangat terbatas karena alat yang digunakan masih sederhana dan memanfaatkan apa yang ada di sekolah kata Bapak Natalis Harbelubun,S.T selaku tim teknis dan pencetus ide ini… Maka sangat diperlukan bantuan dari pemerintah,yayasan , alumni dan semua orang tua siswa…

Sekali lagi pasti bisa..Satu hal yang bisa kita refleksikan adalah pandemi covid_19 telah memaksa kita untuk berpikir jauh dari sebelumnya… Situasi sulit membawa berkat jika kita memandangnya dengan postif…. Maka jangan lupa berpikir positiflah.

#Refleksi PTS (Penilaian Tengah Semester )di ruang 7E1…

Penulis Bapak Herman Aswanda,S.Pd.Gr

Salam DBos ,Herman Aswanda,S.Pd,Gr sebagai penulis

dan dipublish oleh admin

Please follow and like us:

Categories:

No responses yet

Leave a Reply