Teacher Literacy Award 2020 adalah penghargaan nasional  bagi guru yang terlibat di bidang literasi yang diselenggarakan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia. Penjaringannya sejak bulan September 2020. Seleksi awal dengan membuat essay tentang apa yang telah dilakukan dalam memajukan bidang literasi di Indonesia. Saya mengambil tema Seni Rupa dan Literasi karena yang saya lakukan di sekolah sebagai guru seni budaya SMP YPPK Santo Don Bosco Fakfak berhubungan dengan itu. Menumbuhkan minat siswa dalam bidang literasi sekaligus dalam bidang seni rupa dengan hal hal sederhana seperti gambar ilustrasi yang menunjang sebuah tulisan agar siswa tertarik untuk membacanya, begitu juga sebaliknya siswa membuat sebuah gambar atau lukisan dan mereka menciptakan cerita atau narasi dari gambar/lukisan tersebut. Dari tulisan dan gambar, siswa kemudian  dapat mengembangkannya untuk membuat Poster, Cerita bergambar ataupun Komik.

Untuk kegiatan di luar sekolah saya mencoba untuk terlibat dalam pembuatan buku cerita bergambar sebagai ilustrator dan telah menghasilkan satu buah buku cerita rakyat dari Fakfak Papua Barat yg berjudul “Rerten Mere”,bekerja sama dengan anak didik pondok baca kampung Brongkendik yang menjadi penulis cerita tersebut dan untuk saat ini masih mengerjakan beberapa buku cerita baik sebagai ilustrator maupun penulis.

Dari 100 lebih peserta kemudian diseleksi dari hasil esay  tersebut menjadi 24 orang sebagai nominasi penerima Teacher Literasi Award 2020

Untuk menentukan Juara 1, 2 dan 3 maka 24 guru tersebut masing – masing menampilkan video dan karya tulis berupa cerita atau artikel. saya  membuat video dan satu  cerita bergambar untuk ditampilkan.

Penganugerahan Teacher Literacy Award 2020 dilangsungkan secara virtual dalam Festival Literasi Nasional 2021 pada 22 – 24 Maret 2021 bersama para tokoh peduli literasi yang menjadi pembicara,  diantaranya Okky Madasari (Sastrawan Nasional),  Sugeng Hariono (Peraih Nugrah Jasadarma Pustaloka oleh Perpustakaan Nasional tahun 2016), Najwa Shihab (Pendiri Narasi) dan lain – lain.

Puji Tuhan, saya termasuk dalam 3 besar sebagai Juara 2 Teacher Literacy Award 2020.

Penulis,Joy Eldwin Raharusun

Harapan saya ke depan semoga dapat terus  mengembangkan diri dalam bidang yang saya tekuni dan dapat  bermanfaat bagi orang lain.

Carpe Diem.

Please follow and like us:

No responses yet

Leave a Reply