Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.(di kutip dari laman Kementrian Pendidikan)

Adapun SMP YPPK Santo Donbosco Fakfak mengikuti program sekolah penggerak yang di wakili oleh Kepala Sekolah yaitu dengan pengisian formulir,penulisan esai dan mengikuti webinar.

Setelah pemberkasan dilanjutkan juga webinar dan test online,untuk tingkat SMP Kabupaten Fakfak webinar dan test online di lakukan di satu tempat yaitu menggunakan lab.komputer SMP YPPK Santo Donbosco Fakfak.

Dari hasil test kemudian ditetapkan ada 5 sekolah SMP di Kab.Fakfak untuk mengikuti tahap selanjutnya,dimana pada tahap tersebut Kepala Sekolah mengikuti test simulasi mengajar dan selanjutnya sesi wawancara dengan tim penguji dari Kementrian Pendidikan lewat google meet di Sekolah masing-masing.

Selang beberapa waktu hasil dari test virtual dan hasil dari tim penguji Kementrian Pendidikan ditetapkan 2 sekolah SMP yang lolos sebagai sekolah penggerak mewakili Kab.Fakfak yaitu SMPN 2 Fakfak dan SMP YPPK Santo Donbosco Fakfak.

Dan Pada Tanggal 20 Mei sampai dengan tanggal 22 Mei 2021 Sekolah yang lolos sebagai sekolah penggerak mengikuti Rakornas di Surabaya .

# Salam sekolah Penggerak,Selalu Semangat

https://www.youtube.com/watch?v=MGjXKbNFEnY

# Carpe Diem

Please follow and like us:

Categories:

No responses yet

Leave a Reply